Sabtu, 26 Maret 2011

Konektor Kabel Jaringan

Kemarin saya sudah jelasin tentang jenis kabel pada jaringan. Sekarang saya akan jelasin tentang konektor pada kabel jaringan tersebut.

1. Konektor pada kabel Coaxial

Pada kabel coaxial konektor yang digunakan yaitu konktor Bayonet Neil Concelman (BNC). Adapter-adpter dengan tipe berbeda tersedia unutk konktor BNC, termasuk konektor T, konektor barrel, dan terminator. Ada beberapa tipe konektor BNC diantara lain BNC RG59, BNC RG6, BNC to BNC, dan BNC RCA. konektor BNC ini biasa digunakan untuk perangkat CCTV (baik monitor, DVR, maupun kamera).





2. Konektor pada kabel Twisted Pair

Sebelumnya saya sudah memberikan informasi kepada sobat tentang kabel twisted pair. Twisted pair ada 2 jenis yaitu Unshilded Twisted Pair (UTP) dan Shilded Twisted Pair (STP). Untuk konektor kabel UTP biasa menggunakan konektor RJ45 sedangkan STP menggunakan RJ11.

RJ45
Konektor ini berfungsi untuk menghubungkan kabel UTP dengan NIC atau perangkat lainnya. Harga konektor ini cukup murah dan pemasangannya sangatlah mudah dan popular di kalangan pengguna jaringan LAN. Ciri-ciri konektor RJ45 adalah warna konektor yang bening dan terdapat 8 pin tembaga di ujung konektor.

RJ11
Konektor ini biasanya disandingkan dengan kabel STP. RJ11 adalah konektor yang dipergunakan dalam jaringan telepon. RJ11 hampir mirip dengan RJ45, yang membedakan adalah bentuknya yang mini dan pin RJ11 hanya terdapat 4 pin.

3. Konektor pada kabel Fiber Optik

a) Konektor FC : digunakan untuk jenis kabel single mode dengan akurasi yang tinggi untuk menghubungkan kabel dengan transmiter maupun receiver.
b) Konektor SC : digunakan dalam jenis kabel single mode dan bisa dilepas dan dipasang kembali. Konektor SC brntuknya persegi dan lebih mudah dihubungkan ke area yang ditentukan.
c) Konektor ST : bentuknya sperti bayonet berkunci dan hampir mirip dengan konektor BNC. Umum digunakan pada jenis kabel single mode maupun multi mode.
d) Konektor Bionic : jenis konektor yang pertma kali muncul dalam komunikasi fiber optik dan jenis ini sekarang sudah sangat jarang digunakan.
e) Konektor D4 : jenis ini hampir mirip dengan konektor FC, hanya berbeda ukurannya. Perbedaannya sekitar 2mm pada bagian ferrule-nya.
f) Konektor SMA : jenis konektor ini lebih dulu muncul dari konektor ST yang sama-sama mempunyai penutup dan pelindung.
g) Konektor MT-RJ : konektor yang baru dan lebih popular. Konektor MT-RJ meggunakan model plastik seperti yang digunakan konektor RJ45, yang memudahkan untuk dipasang. Dua kabel fiber terhubung ke dalam satu konektor, sama dengan konsep konektor SC.











3 komentar:

Fery mengatakan...

nice post gan, sangat membantu...

ghifar goodunk mengatakan...

thanks gan..

Yusuf Aji Wibowo mengatakan...

disertakan gambarnya juga, lebih bagus gan,

Poskan Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes