Jumat, 01 April 2011

Macam-Macam Jaringan Komputer

Sebelum saya membahas mengenai macam-macam jaringan komputer, terlebih dulu kita membahas uraian berikut. Mengapa kita dapat mengakses internet? Awalnya saya juga bingung dan heran, tapi pada dasarnya, internet merupakan salah satu  jenis jaringan komputer. Jaingan komputer merupakan sistem yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih komputer sehingga memungkinkan para pengguna komputer tersebut dapat melakukan beberapa kegiatan, seperti bertukar file atau data, membuka file dan menjalankan program-program yang terdapat pada komputer lainnya, menggunakan printer atau perangkat lain yang terhubung ke jaringan.

Jaringan komputer terdiri dari beberapa macam, yaitu LAN, MAN, WAN, dan internet. Berikut saya akan menjelaskannya:


LAN (Local Area Network)
LAN (Local area Network), adalah jaringan komputer yang hanya mencakup wilayah kecil, seperti jaringan komputer kampus, gedung, kantor, sekolah, warnet atau yang lebih kecil lagi. Saat ini, kebannyakan LAN berbasis pada teknologi IEEE 802.3 Ethernet menggunakan switch, yang mempunyai kecepatan transfer data 10 hingga 100 Mbps. Selain teknologi IEEE 802.3 Ethernet, saat ini teknologi 802.11b atau yang biasa disebut Wi-fi juga ering digunakan untuk membentuk LAN. Tempat-tempat yang menyediakan koneksi LAN dengan teknologi Wifi biasa disebut Hotspot.

Pada sebuah LAN, setiap node atau komputer mempunyai daya komputasi sendiri, berbeda dengan konsep dump terminal. Setiap komputer juga dapat mengakses sumber daya yang ada di LAN sesuai dengan hak akses yang telah diatur. Sumber daya tersebut dapat berupa data atau perangkat seperti printer. Pada LAN, seorang pengguna juga dapat berkomunikasi dengan pengguna yang lain dengan menggunakan aplikasi yang sesuai.

Berbeda dengan WAN, maka LAN mempunyai karakteristik sebagai berikut :
  • Mempunyai pesat data yang lebih tinggi. 
  • Meliputi wilayah geografi yang lebih sempit.
  • Tidak membutuhkan jalur telekomunikasi yang disewa dari operator telekomunikasi. 
Biasanya salah satu komputer di antara jaringan komputer itu akan digunakan menjadi server yang mengatur semua sistem di dalam jaringan tersebut.

MAN (Metropolitan Area Network)
MAN (Metropolitan Area Network), adalah jaringan komputer yang pada dasarnya sama dengan LAN, tetapi jangkauannya lebih luas, yaitu dapat mencapai sekitar 10 hingga 50 km. Sistem jaringan MAN biasanya dignakan untuk menghubungkan komputer-komputer dalam jaringan telepon lokal, telepon selular ,dan relay beberapa penyedia jasa layanan internet (ISP = Internet Service Provider) contohnya seperti telkom.

WAN (Wide Area Network)
WAN (Wide Area Network), merupakan jaringan komputer yang mencakup area yang luas sebagai contoh yaitu jaringan komputer antar wilayah, kota, negara, atau bahkan benua. Dapat didefinisikan juga sebagai jaringan komputer yang membutuhkan router dan saluran komunikasi publik.

WAN digunakan untuk menghubungkan jaringan lokal yang satu dengan jaringan lokal yang lain, sehingga pengguna atau komputer di lokasi yang satu dapat berkomunikasi dengan pengguna dan komputer dilokasi yang lain.

Internet
Internet adalah jaringan komputer yang bisa dikategorikan sebagai WAN, menghubungkan berjuta komputer di seluruh dunia, tanpa batas negara, dimana setiap orang yang memiliki komputer dapat bergabung ke dalam jaringan ini hanya dengan melakukn koneksi ke penyedia layanan internet seperti TekomSpeedy, IndosatNet, RadNet, dsb. Internet dapat diterjemahkan sebagai International networking (jaringan internasional), karena menghubungkan komputer secara international, atau sebagai internetworking (jaringan antar jaringan) karena menghubungkan berjuta-juta jaringan di seluruh dunia.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes